Ketik dan Tekan Enter

Headlamp Pada Mobil

Author Josie / 31 Mei 2015 / No comments

https://myzozieman.blogspot.com/2015/05/headlamp-pada-mobil_31.html

Kali ini kita akan membahas tentang penggunaan lampu utama mobil. Ya, hal yang sangat krusial dalam navigasi menggunakan mobil di jalanan. Sayangnya, pemerintah kita belum memiliki aturan-aturan maupun hukum yang mengatur secara ketat tentang penggunaan “Headlamp” mobil.

Kita akan angkat mengapa penting untuk membahas hal tersebut, karena seringkali kita melihat pengguna mobil yang menggunakan lampu HID dimobilnya, walaupun mobil tersebut tidak memiliki projector, alias masih menggunakan reflector. Walau terlihat seperti hal yang sangat sepele, namun hal tersebut sangat berbahaya bagi pengguna jalan raya. Anda bisa saja mencelakai orang saat melakukan hal tersebut.

Untuk dapat memahami mengapa hal tersebut sangat berbahaya bagi pengguna jalan, maka ada baiknya kita memahami terlebih dahulu apa itu lampu HID dan apa itu lampu Halogen, serta memahami filosofi penggunaan kedua produk tersebut.

Maka untuk memahami lebih lanjut, kita harus memulai untuk membahas dari hal yang paling mendasar dahulu. Yaitu perbedaan antara reflektor dengan projector.

Nah keduanya, merupakan rumah untuk lampu yang digunakan oleh pemilik kendaraan atau disebut juga sebagai “Housings”. Sekarang pertanyaannya adalah, apakah itu bohlam HID atau bohlam Halogen. Lampu halogen standar yang sering digunakan di mobil, adalah lampu yang secara teknologi, tidak jauh berbeda dari lampu bohlam yang digunakan didalam rumah. Teknologi yang digunakan di dalam lampu halogen menggunakan sistem filament.

Dalam teknologi HID atau Xenon, sebuah tegangan plasma yang dibiarkan melewati bermacam-macam gas didalam suatu vakum tertutup. Lampu HID mampu menciptakan intensitas cahaya yang tinggi dengan energi yang lebih rendah. Tegangan inilah yang menghasilkan cahaya terang yang kita lihat. Sederhananya, cara kerjanya adalah seperti petir yang ada di dalam lampu.

Namun yang perlu diingat adalah, lampu kendaraan kita ini di disain secara khusus untuk memfokuskan cahayanya secara spesifik, agar dapat menerangkan area yang diperlukan penerangan, dan tidak menerangi area yang tidak perlu diterangkan, dalam hal ini adalah muka kendaraan bermotor lainnya. Standar lampu untuk mobil yang bertahun-tahun, adalah menggunakan rumah dengan reflektor. Di dalam “rumah” ini, bohlam lampu memiliki suatu tameng yang menjaga agar cahaya tidak menyebar kemana-mana. Hal ini dapat dilihat di mayoritas lampu halogen. Dapat dilihat disini ada yang menutupi bohlam tersebut, disain ini sangat kritis, karena keduanya bekerja sama dengan reflektor untuk menjaga kemana arah cahaya disinarkan.

Sedangkan cara kerja HID sangat berbeda dari lampu Halogen. HID memerlukan suatu rumah yang dinamakan projector. Projector menggunakan suatu lensa, dan lensa inilah yang mengatur arah cahaya yang dihasilkan oleh lampu HID agar tidak menyilaukan pengguna jalan lainnya.

Sehingga, seperti yang telah dijelaskan, lampu HID tidak akan cocok pada rumah reflector yang sudah didisain sedemikian khusus agar digunakan bersama lampu tipe halogen. Hal yang terjadi jika lampu HID tetap dipaksakan digunakan dengan rumah reflector, adalah cahaya akan berpendar dan akan menyilaukan pengguna jalan lainnya. Maka sangat penting untuk memastikan tipe bohlam yang digunakan dengan rumah lampu yang dimiliki oleh pemilik mobil, dan pilihlah dengan bijak agar lampu tersebut tidak membahayakan pengguna jalan lainnya.

Jika output cahaya tidak seperti foto tersebut, maka sebaiknya anda urungkan niat untuk memasang lampu HID, karena justru akan membahayakan pengendara lain. Atau bagi anda yang masih memiliki rumah lampu reflector, anda dapat melakukan retrofit untuk memasang projector pada rumah lampu anda agar dapat menggunakan lampu HID.

Baca Juga

Cuma seorang blogger yang jarang ngeblog

Share :

Related Posts

0 Comment:

Posting Komentar

© 2016 - | MZ Blog
Made By Smartphone