Ketik dan Tekan Enter

Kenapa harus beralih ke template valid AMP

Author Josie / 29 April 2018 / No comments

https://myzozieman.blogspot.com/2018/04/kenapa-harus-beralih-ke-template-valid.html

Ingin membuat website Anda lebih cepat beroperasi ketika dibuka ? Anda sebaiknya mencoba salah satu fitur terbaru Google yakni Accelerated Mobile Pages (AMP).

AMP Adalah …


AMP merupakan salah satu teknologi baru dari Google yang dikembangkan untuk membuat website bisa diunduh dengan lebih cepat. Pada tanggal 24 Februari 2016, Google secara resmi mengintegrasikan website yang sudah memiliki fitur AMP kedalam hasil halaman pencarian mobile.

AMP mampu membuat sebuah website beroperasi semakin cepat ketika membuka halaman. Meningkatnya kecepatan ini dikarenakan adanya beberapa perubahan dalam cara membuka halaman sebuah website. AMP adalah singkatan dari Accelerated Mobile Pages atau Halaman Seluler yang Dipercepat.

Menurut Google, Accelerated Mobile Pages (AMP) adalah standar pembuatan halaman yang dapat dimuat dengan cepat, yang terlihat bagus di perangkat seluler. Memiliki situs yang mobile-friendly menjadi bagian penting di dunia online. Di banyak negara, traffic smartphone kini sudah melebihi traffic desktop.

Menurut laman resminya, AMP Project adalah inisiatif sumber terbuka yang bertujuan untuk membuat web lebih baik bagi semua kalangan. Proyek ini memungkinkan pembuatan situs dan iklan dengan performa tinggi, cepat, dan konsisten di berbagai perangkat dan platform distribusi. AMP bisa mencapai kecepatan yang luar biasa dengan dua cara. Pertama, Anda membutuhkan pengembang website untuk menggunakan teknologi tertentu dalam menciptakan halaman website. Hindari penggunaan JavaScript agar website Anda tidak membutuhkan waktu yang lama untuk dapat terbuka. Cara yang kedua, AMP melayani halaman dari servernya sendiri, misalnya ketika Anda mengunjungi halaman AMP melalui pencarian Google.

Untuk menggunakan AMP, Anda membuat versi alternatif website Anda sesuai dengan spesifikasi yang sudah ditentukan oleh AMP. Standar ini mirip dengan HTML tradisional namun lebih dikupas dengan batas minimal dari Google. Biasanya Anda akan memberikan alamat website Anda yang dioptimalkan AMP secara terpisah, misalnya yoursite.com/yourpage/amp.

Lalu, apa kelebihan atau keuntungan menggunakan template blog AMP? Apa pula kerugiannya?

Ini dia keuntungan dan kerugian menggunakan Template Blog AMP

  • Template AMP tampil lebih cepat dibandingkan template blog biasa.
  • Template AMP bisa meningkatkan peringkat (ranking) di Google.
  • Pageviews bisa naik karena tampilannya cepat sehingga disukai pembaca.
  • Template AMP sangat cocok untuk blog baru.

Manfaat Google AMP Untuk Bisnis Anda

Ada sejumlah manfaat jika Anda memutuskan untuk menggunakan fitur ini, yakni :

1. Loading page yang lebih cepat bagi pengguna perangkat mobile atau ponsel.
Studi menunjukkan bahwa pengguna ponsel biasanya meninggalkan sebuah halaman website jika tidak terbuka dalam tiga detik pertama. Dengan demikian, penggunaan AMP pada website bisnis Anda akan sangat membantu untuk menurunkan bounce rate dan meningkatkan konversi.

2. Peningkatan peringkat di mesin pencari.
Meskipun AMP belum menjadi salah satu faktor utama peringkat sebuah website di mesin pencari, namun faktor mobile-friendly dan kecepatan akses halaman adalah faktor penentu peringkat tersebut. Karena AMP meningkatkan waktu loading halaman dan mobile-friendly, maka sangat mungkin bagi sebuah website yang menggunakan AMP akan dihargai dengan peringkat yang lebih tinggi dibandingkan website yang lambat dan tidak responsif.

3. Peningkatan visibilitas untuk Publisher.
Hasil pencarian akan secara jelas menampilkan simbol AMP dengan warna hijau. Simbol-simbol tersebut bisa melihat peningkatan peringkat klik halaman website dimana pengguna akan mulai mencari halaman website dengan AMP karena menginginkan website yang dapat diakses secara cepat.

Selain itu, SERP (Search Engine Result Pages) Google juga mulai menampilkan konten AMP dengan dominasi visual yang mencakup gambar-gambar berukuran besar. Hal ini secara otomatis akan menarik perhatian pengguna dan setiap konten akan mendapatkan dorongan signifikan dalam traffic pencarian yang terkait dengan konten pada halaman website dengan AMP.

4. Dukungan untuk iklan.
AMP bertujuan untuk mendukung berbagai jaringan iklan, format dan teknologi. Tujuannya adalah untuk mengirimkan iklan secara cepat yang memungkinkan konten terlihat bagus dan menarik perhatian khalayak. Hal ini akan membantu pengiklan untuk meningkatkan pengaruh dan ROI (Return On Investment) atas biaya yang dikeluarkan untuk iklan.

5. Analisis Pengunjung AMP.
Kebutuhan untuk melacak perilaku pengunjung di website terus meningkat hingga saat ini, dan AMP mempertimbangkan hal ini. Publisher bisa melihat secara otomatis pelacakan data pengunjung (baru dan lama), klik/konversi, pelacakan link dan video serta hal lainnya.

Kerugian:

1. Berdampak Buruk bagi Pendapatan iklan AdSense. (AMP Badly Effects Your Ad Revenue). Anda tidak akan memperoleh penghasilan sebanyak menggunakan template blog biasa.

2. Anda sama sekali tidak bisa menggunakan JavaScript. Desain blog Anda tidak bisa seindah tampilan yang biasa dibangun dengan kode JS.

3. Anda tidak bisa menggunakan Form Komentar Blogger. Anda hanya bisa menggunakan kotak komentar Disqus.

4. Anda tidak bisa menggunakan Blogger Template Editor. Edit tampilan hanya bisa dilakukan di dalam template. Itu pun harus ekstra hati-hati agar
tetap Valid AMP.

5. Semua gambar atau foto harus diedit. Cara memasang gambar di postingan juga "rumit" --menggunakan kode khusus dan di mode HTML.

6. Anda tidak bisa menggunakan widget di sidebar sebagamana template blog biasa.

7. Anda tidak bisa berjualan di blog Anda, dalam hal ini tidak bisa menambahkan "Add-to-Cart button".

8. Semua kode tempel video dan audio (Videos and Audios embedded) di postingan harus diedit.

9. Semua tag iframe di postingan harus diedit.

10. Tidak bisa menggunakan "Email Subscription Form" atau Kotak Berlangganan.

11. AMP mendukung jaringan iklan terbatas.

12. Atribut XMLNS harus dihapus.

Jadi sekarang semuanya kembali ke sobat bila ingin berganti menjadi template dengan template yang valid AMP harus dipertimbangkan apa yang dibutuhkan sobat untuk membuat sebuah Blog atau Website yang sobat inginkan...😊

Sumber :
  1. contohblog.com
  2. progresstech.co.id
Baca Juga

Cuma seorang blogger yang jarang ngeblog

Share :

Related Posts

0 Comment:

Posting Komentar

© 2016 - | MZ Blog
Made By Smartphone