Ketik dan Tekan Enter

Beberapa tips merawat mobil putih

Author Josie / 31 Mei 2015 / No comments

https://myzozieman.blogspot.com/2015/05/beberapa-tips-merawat-mobil-putih_31.html

Beberapa Tips Merawat Mobil Warna Putih, Belakangan ini kita pasti sering melihat mobil berwarna putih kinclong di jalanan, memang mobil dengan warna putih ini Sejak akhir 2008 sedang trend-trendnya di kalangan pecinta mobil. Putih menggambarkan warna yang elegan dan bersih, tapi apabila kita tidak merawatnya dengan baik tentu saja akan cepat berubah warna putihnya.

Merawatnya memang susah-susah gampang, tapi kita sudah mengetahui cara yang baik dan benar tidak akan jadi masalah buat kita para penggemar putih.Kebiasaan bersih memang harus ada dalam diri kita dulu, tidak boleh malas untuk menjaga kebersihan mobil Anda.

Beberapa cara yang perlu Anda lakukan dalam merawatnya, pastikan mobil Anda untuk tidak terkena cahaya matahari secara langsung, maka dari itu posisi parkir harus diperhitungkan dengan baik.

Lakukan wax pada mobil Anda minimal 3 bulan sekali. Polishing juga perlu dilakukan paling tidak 1 tahun sekali.Banyak cara untuk merawatnya, dari hal mencuci sebaiknya Anda lakukan dulu pembersihan sewaktu mobil masih kering bisa dengan kemoceng untuk menghilangkan debu-debu yang menempel.

Usahakan menggunakan air pam yang sudah mengalami penyulingan, siram mobil dari atas hingga kotoran jatuh ke bawah.Shampo yang digunakan shampoo khusus yang memiliki PH netral atau 7,5. Gunakan wash mitt untuk menggosokkan shampoo agar tidak terjadi baret pada cat, karena dengan busa biasanya debu masih tersisa pada busa dan dapat menimbulkan baret pada cat mobil kesayangan Anda.

Setelah itu segera bilas dan keringkan si putih, jangan menunggu lama lagi. Sebaiknya langkah awal gunakan kanebo agar air bisa terserap, barulah gunakan lap micro-fiber yang tidak lembab.Pastikan mobil Anda benar-benar kering terutama bagian spion yang biasanya sulit dikeringkan, dan bisa mengeluarkan air saat mesin dihidupkan. Ini akan menimbulkan bekas pada cat seperti aliran air.

Untuk itu bagian pengeringat harus benar-benar kering. Tidak ada salahnya sesekali Anda mencuci mobil di Car Wash, untuk membersihkan bagian bawah mobil. Asal nyucinya benar benar di tempat cuci mobil yah jangan kaya gambar disamping ini..heheheheJika mobil Anda baru beli, alias masih gress. Anda bisa gunakan Paint Protection, memang sedikit mahal tapi demi si putih kesayangan Anda tetap kinclong bukan masalah.

Banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan dengan menggunakan Paint Protection. Di Indonesia sendiri sudah banyak jenis Paint Protection, tinggal pilih sesuai selera Anda. Itu dia sedikit cara untuk membuat si putih Anda tetap kinclong.

Tips lainnya dalam merawat si Putih agar tetap Kinclong adalah sebagai berikut :
  • Lakukan proses mencuci mobil setiap hari, kecuali kalau mobil hanya diam di garasi alias tidak dipakai jalan.
  • Jangan mencuci mobil dibawah sinar matahari langsung atau pada saat mobil dalam keadaan masih panas.
  • Gunakan shampo yang berjenis free rinsing dan juga dgn ph-balance karena shampoo yg memiliki 2 sifat ini cukup ampuh untuk mengcounter proses oksidasi yang terjadi dan juga tidak meninggalkan residu apabila kita tidak melakukan pembilasan dengan baik.(shampo mobil yg baik akan kita bahas pada topik yg berbeda).
Setelah di cuci keringkan mobil dengan 2 tahapan : angkat partikel air dengan kanebo lalu keringkan partikel air tsb dengan lap / handuk micro fibre.Karena mengeringkan mobil dengan kanebo sebenarnya masih menyisahkan lapisan air semacan uap air/embun tipis di atas permukaan clear coat. Dimana lapisan uap air/embun yang mengering karena panas atau karena hembusan angin dapat mengakibatkan terjadi kembali proses oksidasi. Hal ini bisa mempercepat si putih jadi agak kekuning-kuningan. Banyak yang bertanya : Kenapa setiap hari di cuci tapi tetap aja cepat kelihatan kuning, mudah-mudahan penjelasan point nomor 4 soal pengelapan bisa menjawab pertanyaan tsb.

Proses waxing bisa anda lakukan untuk membuat si putih tetap berkilau, tapi tidak perlu terlalu sering cukup 2 - 3 bulan sekali asal wax & shampoo yg dipakai berkwalitas baik. Akan lebih baik bila menggunakan wax yang memiliki dual action, cleaner & waxes.

Cleaner untuk mengangkat sisa oksidasi ringan yang tidak hilang dengan proses cuci Waxes untuk melindungi, melapisi lapisan dan membuat lapisan clear coat kelihatan wet look.

Hindari wax yang memiliki kandungan silicon tinggi, karena sifat silicon yg berminyak akan cepat luntur bila sering dicuci dan bahkan bila kwalitas silikonnya jelek bisa meninggalkan residu. Ini juga bisa membuat warna putih jadi cepat kelihatan kuning.

Dan yang terakhir, jangan lupa untuk melakukan proses perawatan berkala di salon mobil yg professional dijamin si putih akan tetap kelihatan putih, apalagi kalau polesnya di Glint Autopolish, dijamin si putih akan kelihatan lebih putih mengkilap.

Sumber : autonetrentcar & glint autopolish

Baca Juga

Cuma seorang blogger yang jarang ngeblog

Share :

Related Posts

0 Comment:

Posting Komentar

© 2016 - | MZ Blog
Made By Smartphone