Yang menjadi masalah utama adalah kemauan kita untuk melakukan prosesnya? Yang harus di lalui langkah per langkah agar kita menjadi profesional didalam bidang penjualan product mobil apapun, disini penulis akan memberikan 3 Kiat Jadi Salesman Mobil Yang Handal agar kita mudah menjual mobil:
1. Pameran
Pameran merupakan salah satu cara utama kita memperkenalkan produk mobil kita, berkomunikasi langsung dengan calon konsumen, dan langsung menjual ke konsumen. Pameran ini bisa kita lakukan di berbagai pasar seperti:
Pasar tradisional. Pasar tradisonal pasti ada di semua daerah Indonesia, kita bisa mengadakan Moving Exhibition disana dengan type mobil yang di pamerkan yaitu : Pick Up / Truck.
Pasar Modern. Pameran di mall/Swalayan/Perumahan elit, Type mobil yang kita pamerkan mobil penumpang City Car, MPV, SUV hingga mobil model premium.
Pasar On line atau Dunia maya. Kita dapat membuat blog, website, menggunakan social networking hingga mengirim email penawaran mobil / undangan test drive dll
Pasar Mobil bekas. Saat ini di kota-kota besar biasanya biasanya memiliki bursa mobil bekas baik itu yang permanen atau yang mingguan, disini customer yang datang sudah siap membeli mobil tinggal kita mengarahkan untuk mau membeli mobil baru Pameran yang kita adakan baik itu di pasar tradisional/modern/dunia maya biasanya akan mengenai sasaran dan akan memberikan tingkat keberhasilan penjualan Salesman 20% sampai 30% dari ttal penjualan kita. Contoh bila total penjualan seorang salesman 10 unit/bulan, kalau salesman tersebut mengunakan media pameran untuk prospectingnya maka 2 unit hingga 3 unit kemungkinan besar dari hasil pameran di keempat pasar tersebut di atas. Dalam pameran tidak selalu dipetik hasilnya saat itu juga, namun butuh di kelola dan follow up yang berkesinambungan
2. Iklan
Saat ini ada 2 macam iklan yang bisa kita buat, yaitu iklan secara konvesional di surat kabar / TV / radio dan iklan di dunia maya / internet / membuat Blog/ Media sosial. Kita bisa membuat iklan 3 baris di koran lokal yang oplahnya paling besar di daerah itu, dengan Alasan :
Iklan akan memudahkan seorang salesman mobil mengkomunikasikan ke customer tentang apa saja kelebihan product dan program penjualan yang kita buat pada bulan itu.
Sebagian orang Indonesia pemalu, mereka lebih nyaman jika mereka mencari informasi terlabih dahulu sebelum memutuskan pergi ke suatu Dealer untuk membeli mobil. sebab jika konsumen belum siap dananya akan takut di kejar-kejar salesman jika langsung pergi ke dealer mobil.
Membuat Blog/iklan di media Sosial(FB/ Twitter).
Cara kita jualan mobil dengan mudah adalah membuat blog/iklan di media sosial karena penguna internet di indonesia semakin lama semakin banyak. Orang Indonesia yang akan membeli mobil dengan cara mencari dulu informasi harga, spesifikasi,kelebihan, kekurangan, cara pesan, harga kredit dll di Internet semakin lama semakin besar. Terbukti seorang teman yang membuat Blog ERTIGAKU di Internet kebanjiran order Suzuki Ertiga hingga kewalahan menerima pesanan.
Iklan yang baik akan memberikan tingkat keberhasilan penjualan Salesman hingga 50% dari total penjualan, contoh jika total penjualan seorang salesman 10 unit/bulan dan salesman tersebut mengunakan media iklan untuk prospectingnya maka 5 unit kemungkinan besar dari hasil beriklan
3. Membuat Sistem Jaringan
Penjualan memakai sistem konvensional seperti Door to door atau dari rumah kerumah sudah mulai di tinggalkan, saat ini banyak yang mengunakan sistem jaringan yang lebih efektif dan hasilnya lebih bagus. Berikut beberapa sistem jaringan yang bisa kita lakukan.
Membuat atau ikut terlibat dengan Club atau komunitas mobil baru yang kita jual. Seperti APV Club, Avanza Club, Xenia Club dll atau ikut aktif club olah raga yang anggotanya mampu membeli mobil seperti olahraga Golf, tenis dn lainnya.
Kelola data base pelanggan yang sudah beli, secara emosional mereka sudah menjadi keluarga besar sebab telah membeli produk dan telah merasakan bagaimana pelayanan kita. Jika mereka benar-benar puas maka mereka akan selalu mengorder mobil lewat kita tanpa di minta, bahkan akan menjadi juru kampanye product kita yang luar biasa kepada para relasi, keluarga dan tetangganya.
Kelola mediator di setiap kecamatan di daerah kita, mediator ini bisa merupakan makelar mobil yang konditenya bagus dan tidak pernah bermasalah dengan hukum. Bisa seseorang yang menjadi panutan dalam memilih mobil di daerah nya atau bisa juga owner showroom mobil bekas, minimal kita harus punya mediator 10 orang yang aktif.
Jaringan yang dikelola dengan luar biasa akan memberikan tingkat keberhasilan penjualan Salesman mobil hingga 20% sampai 30% dari total penjualan. Jika total penjualan seorang salesman 10 unit/bulan, jika salesman mobil tersebut mengunakan media Jaringan untuk prospectingnya maka 2 unit sampai 3 unit kemungkinan besar dari hasil jaringan yang di kelola sangat bagus. Semoga artikel kiat jadi salesman mobil yang handal ini bisa memberikan inspirasi dan peningkatan sales bagi seorang salesman mobil. Karena pada dasarnya seorang salesman mobil adalah seorang pengusaha ukm bagi dirinya sendiri, keberhasillan yang di dapat berasal dari kemampuan diri sendiri.
Refferensi : M Isbandi
0 Comment:
Posting Komentar